DEFINISI
Ilmu yang menganalisis beberapa proyek atau aktivitas yang memiliki durasi kurang dari 1 tahun.
Analisis yang menghasilkan keputusan-keputusan penting antara lain:
- Apakah menerima tambahan pesanan?
- Apakah menurunkan harga dari pesanan khusus diperlukan?
- Apakah membuat atau membeli barang?
- Apakah sebuah fasilitas perlu untuk ditutup/dilanjutkan?
- Apakah sebuah produk harus dihentikan produksinya?
- Apakah hasil produksi dijual atau diproses lebih lanjut?
Matching Cost Against Revenue
- Single project. Proyek yang diterima adalah proyek yang memiliki benefit (TR) lebih besar daripada cost (TC). Sedangkan proyek yang ditolak adalah proyek yang memiliki benefit (TR) yang lebih kecil daripada cost (TC).
- More than 1 project. Proyek yang diterima adalah proyek yang memiliki benefit (TR) yang paling besar atau cost (TC) yang paling kecil. Sedangkan proyek yang ditolak adalah proyek yang memiliki benefit (TR) yang paling kecil atau cost (TC) yang paking besar.
- Differential cost, adalah biaya yang timbul ketika sebuah proyek atau aktivitas diterima untuk dilaksanakan.
- Incemental revenue, adalah jumlah atas revenue atau benefit yang diterima.
BIAYA-BIAYA YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN
- Out of pocket cost, adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalankan sebuah proyek atau aktivitas baru.
- Avoidable cost, adalah biaya yang dapat dihindari karena memilih suatu proyek.
- Opportunity cost, adalah potensi keuntungan yang hilang karena tidak memilih suatu proyek.
- Imputed cost, adalah biaya untuk mengolah polusi baru akibat sebuah proyek.
- All variable cost, adalah biaya-biaya variable yang harus dihitung semua. Apabila cost driver berubah, maka total variable cost juga akan berubah.
- Some fixed cost, adalah setiap ada fixed cost (di relevant range) tidak boleh dimasukkan dalam perhitungan, kecuali fixed cost yang bersifat tambahan.
Keterangan:
- ΔTC : Tambahan cost (TC1-TC0)
- ΔQ : Tambahan output yang dihasilkan (Q1-Q0)
0 komentar:
Posting Komentar